Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara,- Tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker payudara. Tapi ada hal-hal semua wanita dapat lakukan untuk membantu mengurangi risiko mereka dan membantu meningkatkan kemungkinan bahwa jika kanker tidak terjadi, itu akan ditemukan di awal, tahap yang lebih diobati.

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara

Menurunkan risiko Anda

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara,- Anda dapat menurunkan risiko kanker payudara dengan mengubah faktor-faktor risiko yang dapat diubah. (Lihat “Apa faktor risiko untuk kanker payudara? “)

Berat badan , aktivitas fisik, dan diet memiliki semua dikaitkan dengan kanker payudara, jadi ini mungkin daerah di mana Anda dapat mengambil tindakan.

Kedua peningkatan berat badan dan berat badan sebagai orang dewasa terkait dengan risiko lebih tinggi terkena kanker payudara setelah menopause. Alkohol juga meningkatkan risiko kanker payudara. Bahkan rendahnya tingkat konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan peningkatan risiko.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa moderat untuk aktivitas fisik yang kuat terkait dengan risiko kanker payudara lebih rendah.

Diet yang kaya sayuran, buah, unggas, ikan, dan produk susu rendah lemak juga telah dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker payudara pada beberapa studi. Tapi itu tidak jelas apakah sayuran tertentu, buah-buahan, atau makanan lainnya dapat menurunkan risiko. Kebanyakan penelitian belum menemukan bahwa menurunkan asupan lemak memiliki banyak efek pada risiko kanker payudara.

Pada saat ini, saran terbaik tentang diet dan aktivitas untuk bisa mengurangi resiko kanker payudara adalah:

  • Dapatkan biasa, aktivitas fisik yang disengaja. Untuk membantu mengurangi risiko kanker payudara, American Cancer Society merekomendasikan bahwa orang dewasa mendapatkan setidaknya 150 menit intensitas sedang atau 75 menit aktivitas intensitas kuat setiap minggu (atau kombinasi dari ini), sebaiknya menyebar sepanjang minggu.
  • Mengurangi berat badan seumur hidup Anda dengan membatasi kalori Anda dan mendapatkan aktivitas fisik secara teratur.
  • Menghindari atau membatasi asupan alkohol Anda. The American Cancer Society merekomendasikan bahwa wanita memiliki tidak lebih dari 1 minuman beralkohol sehari.

Untuk lebih lanjut, lihat American Cancer Pedoman Masyarakat Nutrisi dan Aktivitas Fisik untuk Pencegahan Kanker .

Wanita yang memilih untuk menyusui selama setidaknya beberapa bulan juga bisa mendapatkan manfaat tambahan mengurangi risiko kanker payudara mereka.

Tidak menggunakan terapi hormon setelah menopause dapat membantu Anda menghindari menaikkan risiko Anda.

Tidak jelas saat ini jika bahan kimia lingkungan yang memiliki sifat seperti estrogen (seperti yang ditemukan di beberapa botol plastik atau kosmetik tertentu dan produk perawatan pribadi) meningkatkan risiko kanker payudara.Jika ada peningkatan risiko, itu mungkin akan sangat kecil. Namun, wanita yang peduli dapat memilih untuk menghindari produk yang mengandung zat-zat ini bila memungkinkan.

Bagi wanita yang sedang atau mungkin pada peningkatan risiko

Jika Anda seorang wanita pada peningkatan risiko untuk kanker payudara (misalnya, karena Anda memiliki riwayat keluarga yang kuat dari kanker payudara, mutasi genetik yang dikenal dari BRCA gen ( BRCA1 atau BRCA2 ), atau Anda memiliki DCIS, LCIS, atau biopsi yang telah menunjukkan perubahan pra-kanker), mungkin ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker payudara. Sebelum memutuskan, jika ada, ini mungkin tepat untuk Anda, berbicara dengan dokter Anda untuk memahami risiko Anda dan berapa banyak setiap pendekatan ini dapat menurunkan risiko ini.

pengujian genetik untuk mutasi gen BRCA

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara,- Memiliki mutasi warisan di salah satu BRCA gen sangat meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker payudara (dan beberapa jenis kanker lainnya). Banyak wanita mungkin memiliki kerabat dengan kanker payudara, tetapi dalam banyak kasus ini bukan hasil dari BRCA mutasi gen. Pengujian genetik untuk mutasi ini bisa mahal, dan hasilnya sering tidak jelas dipotong. Pengujian dapat memiliki berbagai konsekuensi yang perlu dipertimbangkan. Ini hanya boleh dilakukan ketika ada kecurigaan bahwa mutasi dapat hadir.

kelompok ahli yang berbeda memiliki rekomendasi yang berbeda tentang siapa yang harus dipertimbangkan untuk pengujian genetik.

Misalnya, Preventive Services Task Force (USPSTF) memiliki pedoman ditujukan untuk perempuan tanpa riwayat kanker. USPSTF merekomendasikan bahwa wanita dengan peningkatan risiko memiliki BRCA mutasi berdasarkan riwayat keluarga kanker payudara, ovarium, tuba fallopi, dan / atau kanker peritoneal primer harus dirujuk ke genetika profesional. Genetika profesional dapat mengevaluasi risiko yang lebih lanjut, membahas pro dan kontra dari pengujian jika wanita yang beresiko tinggi (ini disebut konseling genetik), dan mengatur tes jika pasien ingin melanjutkan. Sangat penting untuk mengetahui bahwa BRCA mutasi jarang terjadi, dan hanya sebagian kecil wanita yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara harus dirujuk untuk konseling genetik dan pengujian.

kelompok medis lainnya menawarkan pedoman yang mencakup wanita dengan kanker. Misalnya, pedoman Nasional Comprehensive Cancer Network (NCCN) menyarankan merujuk perempuan 60 dan di bawah yang memiliki kanker payudara triple-negatif untuk konseling genetik dan pengujian.

Jika Anda mempertimbangkan pengujian genetik, itu sangat dianjurkan bahwa Anda berbicara pertama yang seorang konselor genetik, perawat, atau dokter memenuhi syarat untuk menjelaskan dan menafsirkan hasil tes ini. Ini sangat penting untuk memahami apa tes genetik bisa dan tidak bisa memberitahu Anda, dan untuk hati-hati mempertimbangkan manfaat dan risiko dari pengujian sebelum tes ini dilakukan. Anda juga perlu tahu bahwa pengujian adalah mahal dan mungkin tidak tercakup oleh beberapa rencana asuransi kesehatan.

Sebagian besar pusat kanker besar mempekerjakan seorang konselor genetik yang dapat menilai risiko membawa mutasi BRCA gen, menjelaskan risiko dan manfaat tes, dan memeriksa dengan perusahaan asuransi Anda untuk melihat apakah mereka akan menutupi tes.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pengujian genetik: Apa yang Harus Anda Tahu . Anda mungkin juga ingin mengunjungi situs National Cancer Institute .

kemoprevensi kanker payudara

Chemoprevention adalah penggunaan obat-obatan untuk mengurangi risiko kanker.

Obat tamoxifen dan raloxifene dapat digunakan untuk membantu risiko kanker payudara lebih rendah pada wanita tertentu. Obat ini menghambat aksi estrogen di jaringan payudara. Raloxifene hanya digunakan pada wanita yang sudah menopause, sedangkan tamoxifen dapat digunakan pada wanita bahkan jika mereka tidak melalui menopause.

Para ahli merekomendasikan bahwa obat ini hanya boleh digunakan untuk menurunkan risiko kanker payudara pada wanita yang diketahui meningkatkan risiko penyakit. Obat ini juga dapat memiliki beberapa efek samping, jadi penting untuk memahami manfaat mungkin dan risiko mengambil salah satu obat.

obat lain sedang diteliti untuk melihat apakah mereka dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat mungkin dan risiko obat kemopreventif, melihat Obat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara .

operasi pencegahan untuk wanita dengan risiko kanker payudara sangat tinggi

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara,- Untuk beberapa wanita yang memiliki risiko sangat tinggi untuk kanker payudara, operasi untuk mengangkat payudara atau indung telur bisa menjadi pilihan.

Pencegahan (profilaksis) mastektomi: Menghapus kedua payudara sebelum kanker didiagnosis dapat sangat mengurangi risiko kanker payudara (hingga 97%). Beberapa wanita didiagnosis dengan kanker pada satu payudara memilih untuk memiliki, payudara yang sehat lainnya dihapus juga untuk membantu mencegah kanker payudara kedua. Pengangkatan payudara tidak sepenuhnya mencegah kanker payudara karena bahkan seorang ahli bedah yang sangat hati-hati akan meninggalkan setidaknya beberapa sel payudara, yang mungkin pergi untuk menjadi kanker.

Beberapa alasan untuk mempertimbangkan jenis operasi mungkin termasuk:

  • Bermutasi BRCA gen yang ditemukan oleh pengujian genetik
  • riwayat keluarga yang kuat (seperti kanker payudara di beberapa kerabat dekat)
  • lobular karsinoma in situ (LCIS) terlihat pada biopsi
  • Kanker sebelumnya dalam satu payudara (terutama pada seseorang dengan riwayat keluarga yang kuat)

Jenis operasi telah ditunjukkan untuk membantu dalam studi kelompok besar wanita dengan kondisi tertentu, tetapi tidak ada cara untuk mengetahui sebelumnya jika operasi ini akan menguntungkan salah satu wanita. Beberapa wanita dengan BRCA mutasi akan mengembangkan kanker payudara awal kehidupan, dan memiliki risiko yang sangat tinggi untuk mendapatkan kanker payudara kedua.

Sebuah mastektomi profilaksis sebelum kanker terjadi bisa menambahkan bertahun-tahun untuk hidup mereka. Tapi sementara sebagian besar wanita dengan BRCA mutasi mengembangkan kanker payudara, beberapa tidak. Wanita-wanita ini tidak akan mendapat manfaat dari operasi, tapi mereka masih akan harus berurusan dengan efek samping nya. Pendapat kedua sangat dianjurkan sebelum seorang wanita memutuskan untuk menjalani operasi ini.

Ooforektomi profilaksis (pengangkatan ovarium): Wanita dengan BRCA mutasi dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 50% atau lebih dengan memiliki indung telur mereka pembedahan sebelum menopause. Hal ini mungkin karena indung telur adalah sumber utama estrogen dalam tubuh.

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara

Post : Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara

http://rumahtradisional.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *