Penyebab Adanya Penyakit Kanker

By | Juni 9, 2016

Penyebab Adanya Penyakit Kanker ,-  Anda terdiagnosa penyakit kanker ?? cari tahu yuk bahanya hanya DISINI.

Kanker adalah kelas penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal didalam jaringan tubuh. Ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda, dan masing-masing diklasifikasikan berdasarkan jenis sel yang awalnya terpengaruhl oleh kanker.

Kanker merugikan tubuh ketika sel-sel diubah membelah tak terkendali untuk membentuk benjolan atau massa tumor jaringan yang disebut (kecuali dalam kasus leukemia mana kanker melarang fungsi darah normal dengan pembelahan sel yang abnormal dalam aliran darah).

Tumor dapat tumbuh dan mengganggu sistem pencernaan, saraf, dan peredaran darah, dan mereka dapat melepaskan hormon yang mengubah fungsi tubuh. Tumor yang tinggal di satu tempat dan menunjukkan pertumbuhan yang terbatas umumnya dianggap jinak dan yang lebih mengerikan lagi, penyakit kanker ini merupakan salah satu penyakit yang membahayakan dan bisa menyebabkan kematian.

Kanke akan Lebih berbahaya, atau lebih  ganas jika tumor terbentuk ketika dua hal terjadi:

  1. sel kanker berhasil memindahkan seluruh tubuh menggunakan darah atau limfatik sistem, menghancurkan jaringan sehat dalam proses yang disebut invasi
  2. sel yang berhasil membelah dan tumbuh, membuat pembuluh darah baru untuk memberi makan dirinya sendiri dalam proses yang disebut angiogenesis.

Ketika tumor berhasil menyebar ke bagian lain dari tubuh dan tumbuh, menyerang dan menghancurkan jaringan sehat lainnya maka akan membahayakan kesehatan lainnya. Proses ini sendiri disebut metastasis, dan hasilnya adalah kondisi serius yang sangat sulit untuk mengobati.

Menurut American Cancer Society, kanker merupakan penyebab paling umum kedua kematian di Amerika Serikat dan menyumbang hampir 1 dari setiap 4 kematian. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa, di seluruh dunia, ada 14 juta kasus kanker baru dan 8,2 juta kematian terkait kanker pada tahun 2012.

Berikut ini fakta fakta tentang kanker yang terjadi diantaranya :

  • Lebih dari 575.000 orang meninggal karena kanker, dan lebih dari 1,5 juta orang didiagnosis dengan kanker per tahun di Amerika Serikat.
  • Kanker dianggap salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia.
  • Biaya keuangan kanker di AS per tahun yang diperkirakan $ 263.800.000.000 dalam biaya medis dan kehilangan produktivitas.
  • Afrika Amerika lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker dibandingkan dengan orang dari ras lain atau etnis.
  • Hal ini diyakini bahwa risiko kanker dapat dikurangi dengan menghindari tembakau, membatasi konsumsi alkohol, membatasi UV ray paparan dari tempat tidur matahari dan tanning dan menjaga pola makan yang sehat, tingkat kebugaran dan mencari perawatan medis yang teratur.
  • Screening dapat menemukan kanker serviks, kanker kolorektal dan kanker payudara pada diobati, tahap awal.
  • Vaksin seperti human papillomavirus (HPV) membantu vaksin dalam mencegah beberapa serviks, vagina, vulva, dan kanker mulut. Sebuah vaksin untuk hepatitis B dapat mengurangi risiko kanker hati.
  • Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah kasus kanker baru diperkirakan akan meningkat sekitar 70% selama 20 tahun ke depan.
  • Tempat yang paling umum dari kanker di kalangan pria paru-paru, prostat, usus besar, rektum, lambung dan hati.
  • Tempat yang paling umum dari kanker di kalangan perempuan payudara, usus besar, rektum, paru-paru, leher rahim dan perut.

Sel-sel normal di dalam tubuh akan terus tumbuh seiring berjalannya waktu, divisi, dan kematian. Kematian sel terprogram disebut apoptosis, dan ketika proses ini rusak, kanker mulai terbentuk. Tidak seperti sel biasa, sel kanker tidak mengalami kematian program dan bukannya terus tumbuh dan membelah. Hal ini menyebabkan massa sel abnormal yang tumbuh di luar kendali.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kanker diantaranya :

  • Gen – jenis DNA

Sel dapat mengalami pertumbuhan yang tidak terkendali jika ada mutasi DNA, dan karena itu, perubahan pada gen yang terlibat dalam pembelahan sel. Empat jenis utama dari gen yang bertanggung jawab untuk proses pembelahan sel onkogen memberitahu sel ketika membagi, gen supresor tumor memberitahu sel kapan tidak membagi, gen bunuh diri mengontrol apoptosis dan memberitahu sel untuk membunuh dirinya jika terjadi kesalahan, dan DNA-repair gen menginstruksikan sel untuk memperbaiki DNA yang rusak.

Kanker terjadi ketika mutasi gen sel membuat sel tidak dapat memperbaiki kerusakan DNA dan tidak dapat melakukan bunuh diri. Demikian pula, kanker adalah hasil dari mutasi yang menghambat fungsi onkogen dan gen supresor tumor, menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

  • karsinogen

Karsinogen adalah kelas zat yang secara langsung bertanggung jawab merusak DNA, mempromosikan atau membantu kanker. Tembakau, asbes, arsen, radiasi seperti gamma dan sinar-x, sinar matahari, dan senyawa dalam asap knalpot mobil merupakan contoh karsinogen. Ketika tubuh kita terpapar karsinogen, radikal bebas terbentuk yang mencoba untuk mencuri elektron dari molekul lain di dalam tubuh. Tesis radikal bebas merusak sel-sel dan mempengaruhi kemampuan mereka untuk berfungsi secara normal.

  • Gen – jenis keluarga

Kanker bisa menjadi hasil dari predisposisi genetik yang diwariskan dari anggota keluarga. Hal ini dimungkinkan untuk dilahirkan dengan mutasi genetik tertentu atau kesalahan dalam gen yang membuat seseorang statistik lebih mungkin mengembangkan kanker di kemudian hari.

Jadi untuk anda yang tidak ingin terkena kanker sebaiknya berhati hati mulai dari sekarang dan segera melakukan pencegahan sejak dini apalagi jika anda memiliki riwayat keluarga penderita kanker. Semoga bermanfaat 🙂

by: Rumah Tradisional

Category: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *